Selasa, 25 Mei 2010

Nilai Sebuah Ide

Ide adalah sesuatu yang berharga, sebuah gagasan baru yang didapat dari hasil pemikiran ataupun dari sesuatu hal yang sudah ada. Kadang kita tidak menyadari akan munculnya suatu ide, karena ide dapat muncul kapan saja dan dimana saja. Ide yang bagus/baik harus dapat memberi manfaat baik bagi yang menemukan ataupun khalayak ramai.

Mendatangkan Ide Bagus

Mendatangkan ide yang bagus itu mudah. Siapa pun bisa mendapatkan ide yang bagus. Salah satu tekniknya adalah dengan cara brainstorming dari sebuah daftar. Jika anda menuliskan 25, 50 atau 100 ide apa saja, akan timbul peluang anda akan mendapatkan suatu ide cemerlang. Bisa juga anda akan mendapatkan ide pada waktu yang tidak disangka, seperti sedang mandi, melamun dan mengemudi. Tidak perlu menjadi seorang yang jenius untuk bisa mendapatkan ide cemerlang.

Bila anda merasa kehabisan/kesulitan mendapatkan ide, coba cari inspirasi dari luar. Anda bisa membaca koran, nonton TV atau bicara dengan orang lain.

Nilai Dari Pelaksanaan Ide

Yang lebih berharga dari sebuah kreasi adalah ‘Pelaksanaannya’, bukan hanya ide itu sendiri. Walaupun anda sudah mendapatkan ide yang sangat cemerlang, ide tersebut belum berarti apa-apa sebelum anda benar-benar menjalankan ide tersebut menjadi sebuah kreasi nyata.

Banyak orang berhasil bukan dengan ide yang original milik mereka, melainkan ide dari orang lain. Hanya saja orang-orang itu segera melaksanakan ide yang ada menjadi sesuatu yang nyata begitu mereka yakin bahwa ide tersebut adalah ide yang bagus.

Mendapatkan ide adalah sesuatu yang mudah. Membuat ide menjadi sesuatu yang nyatalah yang lebih sulit karena kenyatannya memang lebih rumit. Yang paling sulit adalah mengenai detilnya. Mengubah sesuatu yang belum nyata menjadi nyata kadang menjadi tantangan yang berat.

Membuat Ide Menjadi Nyata/Jelas

Bagian dari melaksanakan sebuah ide adalah membuat ide menjadi lebih jelas, seperti menyusun sebuah dokumen atau rencana bisnis. Dokumen yang jelas lebih dari hanya sebuah ide, tapi merupakan bagian dari proses pelaksanaan. Disinilah anda mulai mencantumkan semua langkah secara mendetil.

Semakin jelas anda menyusun rencana, semakin berharga dokumen rencana bisnis anda. Tapi jangan lupa… sebagus apapun ide anda, belum berarti apa-apa bila ide tersebut belum anda buat menjadi suatu yang nyata atau setidaknya anda berikan ide tersebut pada orang lain yang bisa mengerjakannya menjadi sesuatu yang nyata.

Fokus Pada Pelaksanaan

Kadang anda akan merasakan kesulitan dalam menyusun ide menjadi suatu rencana bisnis. Anda merasa bahwa ide dan susunannya salah. Hal inilah yang sering menjadi perangkap kesuksesan anda.

Bila anda merasa buntu, beristirahatlah sebentar. Segarkan pikiran anda, setelah merasa segar… cepatlah kembali kerjakan proyek anda. Usahakan terus agar anda bisa mendapatkan solusi yang terbaik bagi rencana bisnis anda. Sebetulnya bisa saja anda memulai bisnis dengan rencana yang seadanya, tapi apakah anda mau kalau nanti hasilnya pun akan alakadarnya? Setiap kesalahan atau kesulitan pasti ada jalan keluarnya.

Waktunya Action

Setelah menyelesaikan semua elemen dari rencana bisnis anda, sekarang waktunya untuk action. Tentukan waktunya, kapan anda akan mulai merealisasikan rencana anda. Pada waktu yang anda tentukan, jangan kerjakan hal yang lain selain usaha untuk merealisasikan rencana bisnis yang telah anda rancang.

Untuk memulainya, buatlah daftar action yang akan anda lakukan. Daftar action berupa daftar yang harus anda kerjakan secara spesifik. Daftar ini tidak termasuk perencanaan, pengambilan keputusan, komunikasi dan diskusi. Setiap elemen dalam daftar harus merupakan elemen yang membimbing anda untuk menciptakan nilai bagi rencana yang telah anda susun.

Begitu anda mulai bekerja, ikuti setiap langkah yang telah tersusun. Jangan bimbang. Percayalah bahwa keputusan yang anda ambil itu baik. Kalau ternyata ada yang tidak berjalan dengan baik, perbaiki dilain waktu. Santai saja…

Ingatlah… sebagus apapun ide yang anda punya, belum bernilai apa-apa sebelum ide tersebut anda realisasikan atau sosialisasikan.

Maju terus untuk terus berkarya.

Sukses bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar