Jumat, 06 November 2009

Mac OS X

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001.
Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).
Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda.
Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.
Rilis terakhir Mac OS diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4.
Tahapan-tahapan OS X:
• Mac OS X Server 1.0 kode: "Rhapsody", dirilis: Maret 1999.
• Mac OS X Public Beta kode: "Kodiak", dirilis: September 2000.
• Mac OS X 10.0 (update 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) kode: "Cheetah", dirilis: Maret 2001.
• Mac OS X 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: "Puma", dirilis: Oktober 2001.
• Mac OS X Server 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: "Puma", dirilis: November 2001.
• Mac OS X 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) kode: "Jaguar", dirilis: Agustus 2002.
• Mac OS X Server 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8), dirilis Agustus 2002.
• Mac OS X 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) kode: "Panther", dirilis Oktober 2003.
• Mac OS X Server 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9), dirilis Oktober 2003.
• Mac OS X 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) kode: "Tiger", dirilis: April 2005.
• Mac OS X Server 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.
• Mac OS X 10.5 (update 10.5.1-10.5.2-10.5.3-10.5.4) kode: "Leopard", dirilis: Oktober 2007
• Max OS X 10.6 (kode: "Snow Leopard"; direncanakan beredar pada Juni 2009)
Apa yang Mac OS X?
© Amit Singh. All Rights Reserved. Ditulis pada Desember 2003

Pendahuluan

Dokumen ini berusaha untuk memberikan yang ramah hacker atas jawaban atas pertanyaan "Apakah Mac OS X?". Motivasi asli saya menulis ini adalah bahwa seseorang telah proxy-menawarkan diri saya untuk memberi ceramah memperkenalkan Mac OS X ke Linux Users Group di tempat kerja saya. Sementara memikirkan apa yang harus berkata kepada orang-orang, sebagian besar (jika tidak semua) di antaranya adalah orang asing ke Mac OS X, saya memutuskan untuk menulis dokumen tambahan bahwa mereka bisa merujuk pada waktu luang mereka.

Sejak aku pindah ke Mac OS X, saya memiliki beberapa diskusi dengan orang-orang yang ingin tahu tentang Apple dan Mac OS X, tapi belum menggunakan platform. Seringkali, apa yang mereka pikir yang agak menyimpang, bahkan mungkin salah versi "kebenaran": ada banyak daerah di mana mereka pikir Mac lebih buruk atau lebih baik daripada sebenarnya. Pertimbangkan (dengan bahasa sehari-hari diawetkan):

* Mac hanya bagus untuk grafis / media bekerja.
* Mac mengisap untuk hacker.
* Ada sangat sedikit perangkat lunak untuk Mac.
* Mac yang terlalu mahal / tidak sebanding dengan harga.
* Mac OS X Unix.
* Mac OS X tidak Unix.
* Mac OS X batu. Linux adalah omong kosong.
* Mac OS X adalah omong kosong. Linux batu.

Beberapa keingintahuan dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu dibahas dalam dokumen ini.
Sasaran

Dokumen ini tidak bertujuan untuk memuntahkan Pemasaran KoolAid, bukan bahwa ada sesuatu yang salah dengan itu ™, tetapi terutama dimaksudkan sebagai pengantar untuk Mac OS X untuk para anggota komunitas teknis yang tidak akrab dengannya. Anda dapat menganggap sebagai tingkat agak rendah mencicipi sistem operasi Apple. Akibatnya, beberapa bagian cukup teknis, dan asumsi implisit adalah bahwa Anda sudah familiar dengan konsep-konsep dasar dari satu atau lebih dari BSD, Mach, UNIX, atau sistem operasi pada umumnya. Dalam banyak kasus saya tidak berusaha untuk memberikan rincian latar belakang konsep-konsep yang dimaksud dalam diskusi.
Latar belakang

Aku saat ini menggunakan Mac OS X sebagai sistem operasi utama saya. Namun, saya bukan pengguna Apple lama. Aku membeli komputer Apple pertama saya pada April 2003. Saya telah menggunakan dan bermain dengan beberapa sistem operasi, dan telah menggunakan Linux, Solaris, * BSD, dan Microsoft Windows keluarga sebagai platform utama saya pada waktu yang berbeda. Sistem operasi yang saya gunakan paling itu Linux. Aku belum pernah terlibat dalam kerusuhan agama yang melibatkan sistem operasi, dan aku benar-benar percaya bahwa semua sistem ini (termasuk Mac OS X) memiliki kekurangan, tetapi mereka semua memiliki hal-hal yang baik untuk ditawarkan.

Saya ingin menunjukkan apa dokumen ini tidak dimaksudkan untuk menjadi. Ini adalah:

* ... bukan referensi atau panduan untuk Mac OS X.
* ... bukan perbandingan terinci dari Mac OS X dengan sistem operasi lain. Walaupun saya mengungkapkan beberapa pendapat di Mac OS X vs Linux, dll dalam bagian penutup, diskusi keseluruhan hampir secara eksklusif pada Mac OS X. pembaca dapat menggunakan informasi di sini untuk membandingkan Mac OS X dengan sistem lain.
* ... bahkan tidak diskusi yang cukup lengkap Mac OS X dengan cara apapun.
* ... bukan Mac OS X dukungan. Meskipun Mac OS X melayani sebagian besar kebutuhan saya dengan baik, situasi Anda mungkin berbeda.
* ... bukan suatu usaha untuk membuat Anda beralih (sic) ke Mac, meskipun aku melakukan meringkas alasan sendiri untuk menggunakan Mac OS X dalam bagian terakhir dari dokumen ini (Kesimpulan: Mengapa Mac OS X?).

Aku akan menghargai jika Anda membawa kesalahan perhatian saya.

Saya harap Anda akan mengerti bahwa deskripsi yang cukup lengkap dari suatu sistem operasi akan mengambil satu atau lebih buku, dokumen ini mewakili (kecil) bagian dari apa yang bisa mungkin dibahas tentang Mac OS X - dasarnya apa yang aku bisa datang dengan selama pos Natal diperpanjang akhir pekan ketika aku terpaksa tinggal di dalam rumah oleh hujan terus-menerus di Bay Area. Saya mungkin membuat sebuah karya ini berlangsung.

Paling penting, perlu diketahui bahwa saya tidak bekerja untuk Apple, dan saya tidak berhubungan dengan mereka dengan cara apapun, selain menjadi pelanggan. Bahkan pengalaman layanan pelanggan dengan Apple telah agak ganjil dalam hal ini.

Pendapat di sini adalah semata-mata saya dan tidak mewakili orang lain, termasuk majikan saya dengan cara apapun.
Isi
Sejarah

* A Brief History of Mac OS X

Arsitektur

* Arsitektur Mac OS X
* Boot Mac OS X
* XNU: Kernel
* Di atas Kernel
* Mac OS X System Startup
* Mac OS X Filesystem

Pemrograman

* Pemrograman di Mac OS X

Fitur-fitur

* A Sampling of Mac OS X Fitur

Software

* Tersedia Software untuk Mac OS X

Kesimpulan

* Kenapa Mac OS X?

Lampiran

* Mac OS X Hacking Tools

Tidak ada komentar:

Posting Komentar