Senin, 28 Desember 2009

Hardware bout Mac OS

Untuk rilis awal Mac OS X, standar platform hardware yang didukung adalah garis penuh komputer Macintosh (laptop, desktop, atau server) yang didasarkan pada PowerPC G3, G4, dan G5 prosesor. Dihentikan versi dukungan untuk beberapa perangkat keras yang lebih tua misalnya, Panther tidak mendukung “krem” G3 , dan Leopard tidak mendukung sistem yang pra-tanggal pengenalan Apple terpadu FireWire port. Mac OS X v10.5 “Leopard” , diperkenalkan Oktober 2007, telah menjatuhkan dukungan untuk semua prosesor PowerPC G3 dan G4 PowerPC prosesor dengan clock di bawah kecepatan 867 MHz. Dengan pengenalan MacBook Air dan kemudian “unibody” MacBook, yang tidak memiliki port FireWire apapun, Leopard tidak memerlukan port FireWireterpadu.

Perangkat seperti XPostFacto dan patch diaplikasikan pada instalasi Namun disk telah dikembangkan oleh pihak ketiga untuk memungkinkan pemasangan versi terbaru Mac OS X pada sistem tidak secara resmi didukung oleh Apple. Hal ini mencakup sejumlah pra-Power Macintosh G3 sistem yang dapat dibuat untuk menjalankan sampai dengan 10,2 Mac OS X Jaguar, semua berbasis Mac G3 yang dapat dijalankan sampai dengan dan termasuk Tiger, dan sub-867 MHz G4 Mac dapat menjalankan leopard dengan menghapus batasan dari instalasi DVD atau memasukkan perintah di Mac Open Firmware antarmuka untuk memberitahu Leopard Installer bahwa ia memiliki kecepatan clock 867 MHz atau lebih. Kecuali fitur yang memerlukan perangkat keras khusus (misalnya grafik percepatan, DVD menulis), sistem operasi menawarkan fungsionalitas yang sama pada semua hardware didukung.

Versi PowerPC Mac OS X Leopard sebelum mempertahankan kompatibilitas dengan aplikasi Mac OS yang lebih tua dengan menyediakan suatu lingkungan emulasi yang disebut Classic, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan Mac OS 9 sebagai sebuah proses di Mac OS X, sehingga aplikasi berjalan paling tua karena mereka akan di bawah sistem operasi yang lebih tua. Classic is not supported on Intel-based Macs or in Mac OS X v10.5 “Leopard”, although users still requiring Classic applications on Intel Macs can use the SheepShaver emulator to run Mac OS 9 on top of Leopard. Klasik tidak didukung pada Mac berbasis Intel atau di Mac OS X v10.5 “Leopard”, walaupun pengguna masih memerlukan aplikasi Klasik Intel Mac dapat menggunakan SheepShaver emulator untuk menjalankan Mac OS 9 di atas Leopard.Pada Mac OS X Leopard Snow 10,6, tidak ada lagi dukungan untuk prosesor PowerPC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar