Jumat, 08 Oktober 2010

HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER DENGAN FILM WALL-E

Di zaman sekarang ini, segala aktivitas manusia tidak terlepas dari teknologi, sebagai contohnya manusia tetap dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan suatu media yang kita kenal, yaitu telepon genggam. Selain telepon genggam, manusia juga masih tetap dapat melakukan komunikasi melalui internet dengan media komputer. Banyak aktivitas yang bisa dikerjakan oleh komputer. Hampir di setiap aspek aktivitas seperti di kantor, sekolah, rumah, dan kampus menggunakan komputer. Banyak keuntungan yang kita dapat dengan menggunakan teknologi seperti komputer. Namun, ada juga kerugian yang akan kita dapat dengan menggunakan teknologi tersebut. Segala aktivitas manusia yang berhubungan dengan komputer dapat disebut sebagai interaksi manusia dengan komputer.

Interaksi Manusia dan Komputer(IMK) atau Human Computer Interaction merupakan studi tentang interaksi antara manusia, komputer dan tugas/ task. Bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan menyelesaikan tugas/ task dan bagaimana sistem yang interaktif itu dibuat. IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik dan kesenian. Bidang ilmu tersebut seperti, Lingustik, Philosofi, Antropologi, Seni, Ilmu Komputer, Matematika, Psikologi, Seni Grafik, Sosiologi, AI. Komputer dan peralatannya harus didesain sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan dan dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-hari (disesuaikan dengan tugas khusus yang diberikan).

Manusia dapat memanfaatkan komputer untuk melakukan berbagai hal, seperti mengetik, menggambar, membuat program, berkomunikasi, mencari materi melalui internet, membuat film animasi dan masih banyak lagi. Salah satu kegunaan dari komputer yang telah disebutkan diatas adalah komputer untuk membuat suatu animasi. Dari animasi ini dapat dibuat suatu film yang biasa disebut dengan film animasi. Sudah banyak animasi-animasi yang dibuat dengan menggunakan komputer. Kemudian dari animasi tersebut dijadikan sebuah film. Sebagai contohnya, film-film yang telah dihasilkan dengan animasi komputer adalah Transformer, I Robot, dan Wall-E.

Interaksi antara manusia dengan komputer dapat terlihat dalam film tersebut, salah satunya adalah pada film Wall-E. Film Wall-E menceritakan tentang suatu robot bernama Wall-E yang hidup sendiri di bumi yang rusak. Kemudian Wall-E mempunyai seorang teman robot bernama Eve. Selanjutnya Wall-E mengikuti Eve ke luar angkasa. Di luar angkasa, tepatnya di suatu planet ternyata banyak terdapat manusia yang sebelumnya pernah tinggal di bumi. Manusia-manusia yang hidup di planet tersebut mendapatkan kehidupan yang sangat nyaman, berbeda sekali dengan kehidupan sebelumnya di bumi. Segala aktivitas dan fasilitas di planet tersebut semuanya dikendalikan oleh komputer. Untuk melakukan suatu aktivitas di planet tersebut, manusianya tidak perlu bersusah payah, hanya dengan memerintah atau mengatakan sesuatu maka kebutuhannya akan segera terpenuhi oleh teknologi yang ada di planet tersebut. Dalam film tersebut, teknologi sangat berperan sekali dalam mengendalikan segala aktivitas kehidupan. Namun, dapat juga dilihat pada film tersebut dampak negatif dari adanya teknologi yang mengendalikan segala aktivitas kehidupan, yaitu manusianya menjadi malas bekerja dan malas untuk melakukan sesuatu sendiri. Manusia dalam film tersebut hanya mengandalkan teknologi yang ada pada planet tersebut.

Dari film Wall-E ini dapat diambil kesimpulan bahwa dalam kehidupan manusia sehari-hari tidak terlepas dari teknologi. Manusia menggunakan teknologi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Media dari teknologi yang dimaksud adalah berupa komputer. Manusia menggunakan komputer untuk melakukan banyak hal. Banyak dampak positif yang kita dapat dengan menggunakan teknologi komputer, yaitu pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, kebutuhan dapat terpenuhi dengan cepat, segala aktivitas-aktivitas dapat berjalan dengan lancar, dan masih banyak lagi. Selain dampak positif yang kita peroleh dengan adanya teknologi, kita juga akan mendapat dampak negatifnya. Dampak negatifnya adalah manusia menjadi malas dan manusia menjadi ketergantungan dengan adanya teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar