Jumat, 08 Oktober 2010

TUJUAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

TUJUAN

tujuan utama

Interaksi manusia dan komputer pada dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensi (eficiency)

Dengan kata lain, bertujuan untuk membangun produk reliable;

* mudah dipelajari
* berkesan jika digunakan
* menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable)
* aman (safe),dan
* memberi kepuasan serta pengalaman yang menyenangkan

Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancang dapat mempunyai sifat yang akrab dan ramah dengan users. Namun untuk merancang sistem yang mudah digunakan users, para perancang harus memahami aspek-aspek psikologi yang dimiliki oleh users, karena setiap users mempunyai ciri-ciri khusus dan kebiasaan yang berbeda dalam menggunakan sebuah sistem komputer


Manusia, Komputer dan Interaksi

MANUSIA

Manusia memiliki keterbatasan dalam memproses informasi dan hal ini mempunyai implikasi pada desain.

1. Informasi diterima dan direspon melalui sejumlah saluran input dan output

* Saluran Visual (visual channel)
* Saluran Pendengaran (auditory channel)
* Saluran Peraba (haptic channel)
* Pergerakan (movement)

2. Informasi disimpan pada memory

* Memory Sensor
* Memory Jangka Pendek
* Memory Jangka Panjang

3. Informasi diproses dan diaplikasikan

* Penalaran
* Pemecahan masalah
* Skill acquisition
* Kesalahan

KOMPUTER

Sistem komputer terdiri dari berbagai macam elemen, yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user. Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, menggambar, dan memilih obyek pada layar.

* Text entry : keyboard, speech, handwriting.
* Pointing : secara umum adalah mouse.

Peralatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.

Output dan input dalam bentuk kertas : paperless office dan less-paperless office.

Memory

* Memory jangka pendek : RAM
* Memory jangka panjang : magnetic dan optical disk
* Keterbatasan kapasitas penyimpanan dokumen dan video
* Metode akses yang membatasi dan membantu user

Proses

* Effek dari sistem yang berjalan cepat dan lambat
* Keterbatasan kecepatan pemrosesan
* Jaringan dan pengaruhnya terhadap kinerja sistem

INTERAKSI

Model interaksi membantu kita untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antar user dan sistem. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan sistem.

Ergonomi mencakup karakter fisik interaksi dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi efektifitas.

Dialog antar user dan sistem dipengaruhi oleh gaya interaksi.

Interaksi terjadi pada konteks sosial dan organisasi mempengaruhi user dan sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar